Hip hop dari masa ke masa

minikutumedia.com – Musik hip-hop saat ini banyak di gandrungi oleh para penikmat musik. Tapi ternyata pada awal musik hiphop dikenalkan, genre ini tak mudah diterima loh Sahabat Kutu. Rapper pada tahun 1980-an berbeda dengan era sekarang. Menjadi seorang rapper saat ini terbilang sesuatu yang cukup keren.

Untuk mengenal lebih jauh soal hiphop, Kutu akan membahas satu persatu soal asal mula hiphop tercipta. So check this out!

Invention Hot Spot: Birth of Hip-Hop in the Bronx, New York, in the 1970s |  Lemelson Center for the Study of Invention and Innovation

Hiphop lahir pada saat pesta ulang tahun di Kawasan Bronx, New York City. Clive Campbell atau yang sekarang dikenal dengan sebutan DJ Kool Herc ini sejak kecil senang memutar sebuah musik rekaman. Berlanjut pada masa remaja, Herc seringkali meniru gaya disc jokey jamaika yang berbicara diiringi rekaman yang sedang diputar. Hal itu lah yang menjadi dasar musik hiphop tercipta. fyi DJ Kool Herc juga salah satu yang memperkenalkan turntable.

DJ Kool Herc, Penemu Musik Hip Hop yang Terlupakan - KINCIR.com

foto: DJ Kool Herc

Hiphop sendiri adalah sebuah Gerakan kebudayaan yang mulai berkembang di tahun 1970-an oleh masyarakat Africa-amerika. Perpaduan antara elemen-elemen yang terdiri dari MCing, DJing, Breakdance dan Graffiti. Awalnya musik hiphop hanya diisi dengan musik dari Disk Jokey dengan variasi dari putaran disk yang menghasilkan bunyi yang unik. Lalu hadirlah rapping untuk mengisi bagian vocal yang mengikuti ketukan bunyi yang unik tersebut. Lirik musik hiphop pun tercipta karena kerasnya kehidupan ras kulit hitam di amerika yang menjadi kaum minoritas. Sedangkan koreografinya diisi dengan tarian patah-patah yang saat ini dikenal dengan breakdance. Pada perkembangannya juga, hiphop dianggap sebagai bagian dari seni untuk mengekspresikan seni visual yang disebut dengan graffiti.

Lagu Rihanna, Kanye West hingga Eminem masuk ke dalam daftar lagu hip-hop  terbaik sepanjang masa versi BBC - BBC News Indonesia

Awalnya lagu hiphop adalah sebuah musik yang sederhana. Perpaduan musik hiphop hanya sebuah irama seperti musik disko yang diciptakan lewat drum elektronik dan synthesizer. Namun dari masa ke masa, musik hip hop memiliki kejayaannya masing-masing dan melahirkan beberapa artis yang menjadi ikon. Kira siapa aja ya mereka?

Golden Age Hip-hop tahun 86 – 92

Setelah 18 Tahun, Dua Orang Didakwa Atas Pembunuhan Jam Master Jay (Run-DMC)

Di tahun 80-an hiphop lebih dikenal di komunitas afrika-amerika dan memulai titik populernya di tahun 90-an. Di era 80 sampai 90-an ini disebut juga dengan golden age hip-hop. Masa keemas an hiphop dimulai saat Run DMC meluncurkan sebuah album berjudul Raising Hell di tahun 1986. Hip-hop di tahun ini memiliki lirik yang sering di hiasi dengan kisah nyata dari rapper itu sendiri.

 

Modern Era 92 – 98

Di era ini muncul Ice T, NWA dan Tupac Shakur yang sukses menciptakan gangsta rap dengan beat yang cukup kencang. Coba deh Sahabat Kutu dengerin musik mereka, pasti kerasa banget perbedaan Modern era dengan era sebelumnya.

Jiggy/bling-bling Era 98 hingga sekarang

Identik dengan musik khas orang afrika-amerika. Di era ini muncul rapper Eminem yang merupakan salah satu rapper berkulit putih yang di hormati di komunitas hiphop. Dikenal dengan liriknya yang kontroversial. Eminem memulai karir sejak umur 14 tahun dengan memakai inisial M&M ini sering melakukan freestyle rap battles dengan teman-teman sekolah

Sebenarnya hip hop sempat menginvasi Asia juga dan melahirkan musisi hip hop Teriyaki Boyz. Lagu mereka yang berjudul Tokyo Drift pun pernah jadi soundtrack di film Fast & Furious loh…

A little person with a big dream. *Also work at Trans TV as a Creative Staff

Leave a Reply