Mau jadi Rapper? Coba tips ini biar bisa jago!

Jul 28, 2021
34 Views

minikutumedia.com – Bisa nge-rap jadi salah satu hal yang dianggap keren sekarang ini. Coba sebutin salah satu rapper terbaik saat ini? Mmmm salah satunya menurut Kutu sih Eminem ya. Lagunya yang berjudul Rap God pun jadi salah satu pencapaian karirnya di dunia hiphop.

Tapi Sahabat Kutu tau nggak sih kalo nyanyi rap itu ngga cuma sekedar baca lirik dengan cepet doang. Ada beberapa hal yang bikin rapper jadi keliatan amazing dan keren. Untuk step pertama, hal yang palinggggg sederhana adalah atur pernafasan dan banyak baca. Buat apa? Gunanya buat memperkaya kosakata kalian dan jangan lupa cari tau cara bacanya juga terkhusus kosakata Bahasa asing.

Setelah itu kalian bisa belajar sedikit-sedikit pakai lagu rap yang mudah. Jangan belum apa-apa udah mau ngerap kaya Eminem yang lagunya rap god hehehe. Belajar dari lagu rap yang simple dulu kayak kalo di Indonesia sendiri ada lagunya Bondan Prakoso feat. Fade 2 Black atau rapnya di serial kera sakti hihihi

Seekor kera terpuruk terpenjara dalam gua

Di gunung sunyi tempat hukuman para dewa

Bertindak sesuka hati loncat kesana kesini

Hiraukan semua masalah di muka bumi ini ~

Leerobso: Hehe Gif

Last but not least ini penting juga. BELAJAR YANG RAJIN kalo mau jadi rapper handal. Ngga perlu kalian langsung nulis lirik sendiri kok, mulai dari cover-cover aja dulu. Kalo ngerapnya dah jago nih, baru deh mulai bikin lirik sama Latihan freestyle.

Untuk menulis liriknya juga ngga sembarangan loh. Ada beberapa hal yang harus Sahabat Kutu tau. Diantaranya adalah Rhyming atau Bahasa Indonesianya Bersajak. Jadi ibarat menyusun sebuah puisi, tapi bedanya adalah pemilihan kata yang disusun lebih lugas dan tegas.

Selanjutnya ada flow atau pemilihan beat dari lagu rap yang kalian buat. Jadi si flow ini adalah cara pembawaan kalian saat “bersajak” untuk menentukan emosi dari para pendengar. Ada yang pembawaannya kalem kaya A$AP Rocky atau Tupac yang pembawaannya semangat.

Terakhir coba sering cari tentang isu-isu terkini. Memang pada awalnya hiphop terlahir dari budaya orang afrika-amerika yang diperlakukan rasis, nah rap ini jadi salah satu sarana untuk mengutarakan pendapat isu rasisme. Tapi karena perkembangan jaman, rap nggak selamanya tentang isu rasis aja, tapi banyak juga yang bahas soal kesehatan mental atau bahkan cerita hidup penyanyi rap itu sendiri.

Nah nggak gampang kan jadi rapper? Wkwkwk Semoga penjelasan Kutu bisa membantu para calon calon rapper hebat. Kutu tunggu karya kalian ya!

A little person with a big dream. *Also work at Trans TV as a Creative Staff

Leave a Reply