Perubahan tren musik Indonesia dari masa ke masa

minikutumedia.com – Kira-kira sahabat Kutu saat ini lagi dengerin genre lagu apa nih? Pop, EDM atau metal? Memang sih saat ini banyak macam variasi genre yang bisa didengarkan yang membuat warna musik menjadi semakin kaya karena pengaruh tren musik dunia.

Nah kali ini Kutu akan kasih tau perubahan tren musik di Indonesia dari masa ke masa. Let’s check it out!

Tahun 60-an Era pengaruh The Beatles

Ngak Ngik Ngok, Keluarga Koes yang Berujung Penjara - Minews ID

Pada era ini adalah masa awal kemunculan musik pop di Indonesia. Di era ini kebanyakan masyarakat masih mendengarkan musik tradisional dan juga musik klasik. Tapi perlahan-lahan masyarakat Indonesia mulai mendnegarkan musik Britpop beramaan dengan munculnya The Beatles yang sangat disukai di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri era musik pop ditandai dengan kemunculan grup band Koes Plus dan Dara Puspita.

Tahun 70-an era kemunculan musik rock

Tampil Etnik di Jogjarockarta, God Bless Bakal Bawakan Lagu Gong 2000 : Okezone Celebrity

Musisi dunia pun bereksplorasi khususnya pada gitar dan suara bass yang tebal. Muncul Band The Rolling Stone dan juga Flower Generation yang sangat disukai pada tahun 70-an dan menandakan era kemunculan musik rock dimulai. Salah satunya God Bless yang merupakan band rock legendaris Indonesia yang saat itu dengan cepat meraih popularitas.

Tahun 80-an Musik keras dan Disko

Fariz RM Tersandung Kasus Narkoba untuk Kali Ketiga Halaman all - Kompas.com

Berkembangnya musik rock di era 80-an karena adanya perluasan sub genre seperti heavy metal. Penggemar musik pun semakin familiar dengan lagu-lagu dengan penyanyi bersuara melengking. Di era ini juga alat musik elektronik sythesizer mulai dikenal dan memberikan efek musik elektro dan pop disko. Fariz RM merupakan salah musisi Indonesia yang terkenal dengan genre ini.

Tahun 90-an Kelahiran grup band besar

Band Potret Siap Eksis Lagi

Mulai tahun 90-an musik rock bertransformasi dan muncul genre musik grunge dengan iconnya adalah grup Nirvana. Sementara di Indonesia muncul berbagai band besar diantaranya Dewa 19, Sheila On 7, Potret dan Padi. Sementara di ranah musik indie muncul Pure Saturday dan Koil. Selain itu di tahun 90-an merupakan eranya MTV yang setiap harinya ditayangkan di televisi dan membuat pengetahuan musik masyarakat Indonesia semakin luas.

Tahun 2000-an Dinamika Musik Indonesia

The S.I.G.I.T. - Tribunnewswiki.com Mobile

di tahun 2000-an, genre musik di Indonesia semakin beragam. Sekitar tahun 2005 para musisi indie tanah air mulai bermunculan seperti The Sigit, The Upstairs, The Brandals dan masih banyak lagi. Di tahun ini juga musik mulai banyak dinikmati dalam format digital seiring familiarnya penggunaan internet. Selain itu label musik besar pun mulai kenalkan tren musik pop melayu.

Sekitar tahun 2007 hingga 2010 band-band yang sebelumnya sudah mempunyai nama besar jarang mengeluarkan album lagi dan mulai muncul tren musik boy band dan girl band yang diadaptasi dari Korea Selatan. Namun sejak tahun 2012, musik Indonesia kembali bangkit dan musik indie pun tumbuh semakin luas.

Itu tadi sedikit penjelasan tentang perubahan tren musik di Indonesia. Kira-kira Sahabat Kutu lahir di era musik yang mana nih?

 

A little person with a big dream. *Also work on Trans TV as a Creative

Leave a Reply