Indie itu apa sih? Yuk kita cari tahu
ministory

Indie itu apa sih? Yuk kita cari tahu

minikutumedia.com – Istilah indie ini memang sering banget kita denger ya. Eits tapi jangan sampe ngaku gaul karena “gue dengerinnya musik indie nih” eehh tapi ditanya band indie juga gatau yang kayak gimana.

Nih coba Kutu ceritain sedikit ya soal apa itu Indie.

Indie itu bukan genre ya ….

Istilah Indie diambil dari kata Independent yang artinya merdeka, bebas dan mandiri. Banyak yang anggap kalo indie itu genre musik, kayak rock, jazz, atau sebagainya. Anggapan tersebut sayangnya salah besar loh. Indie ternyata bukan genre musik, tapi sebuah gerakan musik yang bebas dan mandiri, nggak bergantung sama label musik atau sebagainya.

Band Indie juga bikin lagu sesuai dengan apa yang mereka suka dan genre yang mereka inginkan. Nggak jarang kalo lagu-lagu yang mereka ciptakan kebanyakan bener-bener anti-mainstream dari lagu-lagu lain.

Karena semuanya pake sistem mandiri, jadi enggak jarang mereka bikin label sendiri untuk merekam dan memasarkan karya-karyanya. Pemasaran mereka biasanya melalui lewat sesama atau media sosial.

Indie mulai populer sejak lama

Tahun 1980an, tangga lagu untuk musik indie mulai dikenal. Banyak band indie yang muncul dan di era 90an, Nirvana dan Radiohead yang juga merupakan band dengan label indie mulai menyebarkan virus indie ke berbagai belahan dunia dengan musik-musik mereka yang unik tapi enak buat didengerin. Selain itu, Radiohead juga sempat menggegerkan belantika musik dengan merilis album indie dengan sistem pay-what-you-like dimana para pembeli bisa bebas membayar berapapun untuk membeli album mereka.

Perkembangan musik indie di Indonesia

Di Indonesia, pengaruh indie belum begitu terasa sampai pada pertengahan tahun 1990an. Tapi sebelum kenal istilah indie, masyarakat Indonesia lebih kenal sama istilah underground. Berbeda dengan indie, musik underground memang cenderung keras.

 

Foto: Istimewa

Pas Band merupakan band yang memulai tradisi merilis album secara Indie. Mereka sukses menjual album sebanyak 5.000 kopi. Karena keberhasilan Pas Band, akhirnya banyak band metal dan rock yang mengikuti jejak mereka.

Foto: Istimewa

Ada juga Pure Saturday yang disebut sebagai band indie pertama selain metal yang membuat album rekamannya sendiri pada tahun 1995. Disusul oleh Mocca yang berhasil menjual album mereka hingga menembus angka di atas 100.000 kopi. Keberhasilan Mocca kemudian membawa dampak pada band-band Indie di Indonesia hingga sekarang.

Nah, itu tadi penjelasan singkat Kutu soal Indie. Buat yang punya band tapi masih bilang “aku gapunya label rekaman buat bisa terkenal”. Tenangggg, kalian masih bisa berkarya lewar jalur Indie kok. Berkarya dan ciptakan lagu sendiri setelah itu share deh di sosmed dan platform musik lainnya.

Selama ada niat, pasti ada jalan ~

Minikutu Writer

NEXT EVENT

00
Days
:
00
Hours
:
00
Minutes
:
00
Seconds

Got a Questions?

Find me on Social Media or Contact me and I will get back to you as soon as possible.

Another Post

23 January 16

Artwork - Kedua Kali

08 May 23

Processed with VSCO with  preset

01 October 22

Related Post

blogger-image-1929168214
ministory
20 / 01 / 22
Sekilas Sejarah Kaitan Zine dan Musik
13116063_1595255370801998_4642062794313812929_o
ministory
15 / 08 / 20
Apa sih bedanya Pensi, Gig dan Konser?
black and white piano keys
ministory
02 / 09 / 20
Lagu terpendek di dunia, durasi hanya dalam hitungan detik
ministory
26 / 12 / 15
perjalanan burgerkill dalam dunia industri musik
minikutumedia.com – Burgerkill berdiri pada bulan Mei 1995 berawal dari Eben, scenester dari Jakarta yang pindah ke Bandung untuk melanjutkan sekolahnya. Dari sekolah itulah Eben bertemu dengan Ivan, Kimung, dan Dadan sebagai line-up pertamanya. Mereka berhasil merilis single pertamanya lewat underground phenomenon Richard Christian Franklin Muttler yang merilis kompilasi cd band-band Bandung pada awal...
Suckseed
ministory
16 / 09 / 21
Band keren ini cuma fiktif alias ada di film doang
ministory
22 / 01 / 16
Just For Joy : Pecahnya Visi Misi yang Mengakibatkan Perombakan Formasi
Minikutumedia.com – Band Pop Punk yang terbentuk pertengahan tahun 2013 ini berawal dari keisengan sang frontman (Arman) dengan personil lainnya yang merupakan bagian dari Komunitas Blink Corps Indonesia. Just For Joy memiliki arti “hanya untuk bersenang-senang” karena memang niat awal mereka bermain musik hanya untuk mengisi waktu senggang dan menghabiskan...
Dark shot of the full moon spreading light behind the clouds during nighttime
ministory
09 / 07 / 20
Serem! Ini beberapa lagu Indonesia yang miliki unsur mistis
legendaris
ministory
17 / 02 / 22
Ini Dia Profesi yang Berhubungan dengan Musik Selain Jadi Penyanyi

About Me

Minikutu is the music news network on the planet that has been around since 2015

Another Post

artwork options

16 June 24

28 January 16

hip hop

25 July 21

My Instagram

Create With ♥ By Jedi Iriyanto | Copyright ©2022 Minikutumedia.com

This website uses cookies to ensure you get the best new experience on my website. Learn more