Andien Angkat Cerita Kehidupan Lewat Single ‘Percaya’ dan Hadirkan Konsep Royalty Sharing dalam Bentuk NFT Musik
local

Andien Angkat Cerita Kehidupan Lewat Single ‘Percaya’ dan Hadirkan Konsep Royalty Sharing dalam Bentuk NFT Musik

Andien kembali dengan single terbarunya, Percaya, yang dirilis 7 Oktober 2022 lalu. Bercerita mengenai pentingnya rasa percaya, lagu ini menjadi spesial karena merupakan lagu pertama yang diciptakan sendiri oleh Andien baik musik dan liriknya. Konsep lagu Percaya adalah menerima sisi rapuh sebagai seorang manusia dan percaya bahwa masalah, apapun bentuknya, memang harus dihadapi.

“Terkadang jalan yang tepat untuk menghadapi suatu masalah adalah dengan menerima. Termasuk menerima bahwa kita sedang ada masalah dan tidak baik-baik saja. Dengan kita bisa bertahan sampai sejauh ini juga sudah hebat. Jadi, percaya saja kalau pada saatnya, semua akan jadi lebih baik. Mungkin bukan sekarang, tapi suatu hari, pasti,” ucap Andien mengenai ide awal dari lagu Percaya. Andien ingin menyampaikan ke pendengar bahwa berani menerima masalah dan tetap percaya adalah dua kunci untuk menjalani hidup.

Dengan lirik lagu yang sudah sarat makna, Andien menginginkan melodi dan aransemen lagu Percaya ikut menyentuh hati pendengar. Andien memilih Ali Akbar Sugiri sebagai music director yang membantu Andien menyampaikan pesan lagu lewat bahasa aransemen musik. Ali Akbar Sugiri memasukkan unsur choir dan piano untuk menambah kesan syahdu lagu ini.

Video musik lagu Percaya dibuat dengan sentuhan konsep dokumenter dan bekerja sama dengan Anatman Pictures, sebuah production house dokumenter yang peduli dengan isu lingkungan dan sosial. Mahatma Putra, founder Anatman Pictures yang juga menjadi sutradara video musik ini mengatakan “Pertama kali diajak Andien kolab untuk bikin music video Percaya ini, merasa konsepnya klop banget sama visi dan jiwa Anatman. Kritik sosial terbesar Anatman adalah kritik terhadap diri sendiri dalam hubungannya dengan lingkungan dan sosial. Bahwa hal kecil yang kita semua lakukan dalam kehidupan sehari-hari, punya dampak kolektif yang masif. Lewat PERCAYA kita diajak kembali untuk merenung dan bersyukur, dalam untung & malang. Subyek-subyek di video klip dokumenter ini penuh insight sederhana yang sangat bijaksana dalam menerima kepastian hidup, bahwa segalanya berubah. Hari baik dan hari buruk akan selalu datang, yang kita bisa lakukan hanya bersyukur menyambut perubahan-perubahan itu.”

Dalam video musik kita dapat saksikan Andien berjalan berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya membawa bunga mawar dengan mata tertutup. Di sebelah Andien terdapat tulisan “Aku percaya kamu. Kamu percaya kamu?”

Andien menawarkan pertanyaan reflektif bagi orang yang membacanya untuk memperkuat pesan lagu Percaya.

Hal menarik lain yang dipersembahkan Andien melalui lagu Percaya adalah kehadiran lagu Percaya dalam bentuk musik NFT (non-fungible token). Andien bekerja sama dengan Netra Music sebagai platform royalty sharing NFT. Seluruh pemegang NFT lagu Percaya akan mendapatkan royalti dari keuntungan stream lagu ini.  Bryan Blanc, founder dari Netra Music, mengatakan  “Andien telah memberikan kesempatan yang sangat spesial bagi kita semua dengan menghadirkan lagu Percaya dalam bentuk NFT.

Sejak awal, Netra ingin supaya fans dan artis bisa semakin dekat dan dapat tumbuh bersama. Kami percaya bahwa web3 dan NFT merupakan the next big thing di dunia musik, dan tidak ingin musisi dan fans tanah air ketinggalan. Sebagai pionir, Netra berkomitmen untuk menjadi jembatan tersebut. Mengedukasi dan memudahkan publik untuk masuk ke dunia web3, merupakan salah satu tanggung jawab kami”

Sebagian keuntungan yang didapatkan dari penjualan NFT music lagu Percaya akan digunakan untuk mendirikan sekolah bagi anak-anak pemulung di kampung pemulung Jakarta Selatan. Kegiatan sosial ini dijalankan Andien bersama Nara Kreatif sebagai wujud komitmen Andien terhadap proyek lagu Percaya yang punya makna besar baginya.

Tentang Andien Aisyah

Penyanyi bernama Andini Aisyah Hariadi ini mengawali kariernya di tahun 2000.

Debutnya dengan title penyanyi jazz, membuat Andien merasa beruntung karena  bisa membuatnya berkolaborasi dengan berbagai macam musisi dari berbagai genre. Sampai hari ini, Andien sudah mengeluarkan 7 album, sekitar 60 lagu, serta meraih berbagai penghargaan Anugerah Musik Indonesia di antaranya sebagai Penyanyi Wanita Terbaik, Penyanyi Jazz Terbaik, Album Jazz Terbaik, Penyanyi Pendatang Baru Terbaik, dan Penyanyi R&B Terbaik.

Tahun 2022 menandai 22 tahun Andien berkarya di dunia musik. Merayakan perjalanannya, baru saja ia membuat pertunjukan virtual bertajuk Melodi Monolog: Dan Lalu.

Selain dikenal sebagai penyanyi, ia juga kerap mengkampanyekan kelestarian lingkungan melalui Yayasan Setali, pelestarian budaya melalui koleksi dan berbagai wastra Nusantara yang dipakainya, kesehatan melalui berbagai postingan mengenai makanan sehat dan olahraga, juga isu sosial seperti kesejahteraan para pemulung, bencana alam, serta isu-isu perempuan.

Minikutu Writer

NEXT EVENT

00
Days
:
00
Hours
:
00
Minutes
:
00
Seconds

Got a Questions?

Find me on Social Media or Contact me and I will get back to you as soon as possible.

Another Post

photo band 2

29 July 23

Sun Grassroots

14 June 20

The Muzza Swell

28 February 18

Related Post

local
28 / 01 / 16
Single Terbaru Divide Rilis Dalam Format Video Klip
Minikutumedia.com – Setelah merilis single “Kingslayer” pada april tahun lalu, band post-hardcore asal jakarta ini merilis single terbaru mereka yang bejudul “Darah Biru” dalam format video klip. Lagu yang betemakan penghianatan ini dirilis tanggal 27 Januari 2016 dan dapat diunduh di media online ternama ( Untuk unduh lagu Darah Biru...
RAN - IMAGE #02
local
16 / 02 / 22
Cerminan Kebersamaan RAN Lebih Dari 15 Tahun Dalam ‘Selalu Bersama’
Artwork Kata 5000x5000
local
02 / 02 / 24
Rizky Febian Rilis Single Terbarunya "KATA" yang Memuat Cerita Tentang Syukur dan Cinta
LUCIEN SUNMOON Official Photo 1
local
15 / 11 / 23
Band Pop Muda Kota Malang, Lucien Sunmoon Rilis Debut Single "Flustered"
Greed promotional image (1)
local
02 / 09 / 23
Mickmorthy Merilis "Greed" Menceritakan tentang Luapan Rasa Lelah akan Perdebatan
Sequence 2.00_01_02_09.Still002
local
03 / 02 / 24
Head Head Tandai Kembalinya ke Industri Musik lewat Single dan MV “Meet Me in Heaven”
IMG_3655
local
26 / 08 / 23
Rayakan Patah Hati yang Lebih Meriah, for Revenge Rilis Album Perayaan Patah Hati Versi Orkestra 
SKRNG 4 copy
local
04 / 02 / 24
Padukan Ornamen Ska Punk dan Modern Rock, SKRG Rilis Single Baru ‘Take My Hand’

About Me

Minikutu is the music news network on the planet that has been around since 2015

Another Post

AdelaMarvin_1+1=1_Profile Picture

01 January 24

333CA6CE-019F-4B0D-B734-B52BD71C29B0

03 July 20

4bba07ba_The Mentawais

10 April 17

My Instagram

Create With ♥ By Jedi Iriyanto | Copyright ©2022 Minikutumedia.com

This website uses cookies to ensure you get the best new experience on my website. Learn more