Beethoven, Komposer Klasik Terkenal yang Hilang Pendengarannya

Beethoven, Komposer Klasik Terkenal yang Hilang Pendengarannya

beethoven-musico-libre-kAsD--984x468@El Correo

minikutumedia.com – Jika berbicara soal musik klasik tentu nama Beethoven tidak pernah lepas dari pembicaraan. Karya-karyanya yang begitu indah membuat namanya besar hingga sekarang tapi apakah kamu tahu siapa itu beethoven?

Memiliki nama lengkap Ludwig van Beethoven, pria ini lahir pada minggu, 17 desember 1770 di Kota Bonn, Electrocate of Cologne. Dia merupakan seorang komponis dan pianis Jerman. Ia dipandang sebagai salah satu komponis yang terbesar dan merupakan tokoh penting dalam masa peralihan antara zaman Klasik dan zaman Romantik.

Beethoven belajar musik sejak usia dini, dia dajarkan piano oleh ayahnya Johann van Beethoven. Cara pengajaran ayahnya pun terbilang keras yang dimana ia memaksakan latihan piano selama berjam-jam dikarenakan ambisinya menginginkan anaknya menjadi “anak ajaib”  seperti Mozart. Hal itu berbuah manis setelah bakatnya dilirik oleh Christian Gottlob Neefe pada tahun 1748. Neefe menjadi guru komposisi pertama bagi Beethoven. Neefe yang melihat bakatnya Beethoven mengajarkan Beethoven memainkan komposisi-komposisi milik Bach dan cara berimprovisasi, dia juga yang membantu Beethoven menerbitkan karya pertamanya pada tahun 1783. Dalam sebuah majalah musik, Neefe menulis bahwa Beethoven bisa menjadi ‘Mozart’ yang kedua seandainya ia meneruskan kariernya.

 

Pada tahun 1792 Beethoven dibiayai oleh Pangeran Franz untuk belajar komposisi kepada Joseph Hydn di Wina, Autria. Meski Hydn guru yang ramah dan baik namun dia  kurang mengerti ide-ide musik Beethoven. Hal itu membuat Beethoven belajar komposisi dibawah bimbingan Johann Schenk tanpa sepengetahuan Hydn. Pada saat Hydn pergi untuk melanjutkan perjalannya ke London pada awal tahun 1794, Beethoven belajar komposisi pada Johann Georg Alberchtsberger dan Antonio Salieri. Pangeran Franz sempat memanggilnya untuk pulang ke Bonn tetapi Beethoven memilih untuk tinggal dan berkarier di Wina sampai dia meninggal.

Pada abad ke-18, pendengaran Beethoven mulai memburuk secara signifikan meskipun ia terus menulis dan melakukan performance bahkan setelah pendengarannya tuli total, Beethoven menjadi depresi dan semakin minder dalam pergaulan sosial. Hal ini diperjelas dengan penemuan surat dirumah Beethoven di Heiligenstadt yang dikenal sebagai “Warisan Heiligenstadt” berisikan betapa sedihnya ia karena penyakit yang dialaminya. Salah satu alasan depresinya Beethoven adalah karena ia tidak pernah berhasil mendapatkan “teman hidup”. Banyak wanita bangsawan yang sering ia cintai namun umumnya cinta Beethoven selalu bertepuk sebelah tangan.

Karya Beethoven yang terkenal:

Symphony No. 5

Symphony No. 9

Für Elise

NEXT EVENT

About Author

Rezky Nurdianti Putri

Rezky Nurdianti Putri

A little person with a big dream.

Leave a Reply

Minikutu adalah media platform bagi event creator dan musisi. dari manusia untuk manusia

KUTU ON FACEBOOK

RECENT TWEETS

MY INSTAGRAM

Create With ♥ By Jedi Iriyanto & Rezky Nurdianti Putri. Copyright ©2022 Minikutumedia.com

Written by

Leave a Reply

Next Event

Related Post:

Create With ♥ By Jedi Iriyanto & Rezky Nurdianti Putri. Copyright ©2022 Minikutumedia.com