Naik Turun Musik Grunge
ministory

Naik Turun Musik Grunge

minikutumedia.com – Siapa yang nggak kenal sama Nirvana? Kutu rasa anak yang lahir di tahun 90-an pasti tahu banget sama Nirvana. Bahkan anak muda jaman sekarang pun Kutu yakin pasti ada aja yang mengidolakan Nirvana.

Nirvana hadir membawakan genre Grunge. Berbarengan dengan semakin populernya Nirvana, Grunge ikut menjadi salah satu genre yang sangat digandrungi anak muda di seluruh belahan dunia pada saat itu.

Grunge merupakan subkultur dari Alternative Rock yang muncul pada medio tahun 80-an di negara bagian Washington, Pasifik Barat Laut Amerika, khususnya di Seattle dan kota-kota terdekat. Grunge juga terkadang ada yang menyebutnya Seattle Sound. Elemen yang ada pada musik Grunge adalah perpaduan anatara Punk Rock dan Heavy Metal tetapi tanpa struktur dan kecepatan musik Punk. Perpaduan keduanya diperjelas dengan suara distorsi gitar yang digunakan diantara kedua genre tersebut. Lirik pada Grunge biasanya diisi dengan nada-nada kecemasan dan intropespektif. Tema yang dibahasnya pun seringkali seperti keterasingan sosial, keraguan diri, pelecehan, pengabaian, penghianatan, isolasi sosial & emosional, trauma psikologis dan keinginan untuk kebebasan.

Awal dari gerakan Grunge hanya berputar di sekitar label rekaman indenpenden Seattle, Sub Pop dan musik bawah tanah di kawasan itu. Kecerdikan Bruce Pavitt dan Jonathan Poneman (pemilik sub pop) yang mendorong media untuk mendeskripsikan musik ini sebagai “Grunge” yang kemudian genre ini semakin dikenal dan dianggap sebagai penggabungan antara Punk dan Metal.

“Memang dasar S3 marketing tuh mereka berdua haha.”

Kesuksesan dari album Nevermind milik Nirvana, album Ten milik Pearl Jam, album Badmotofinger milik Soundgarden, album Dirt milik Alice In Chains dan album Core milik Stone Temple Pilots membuat musik Rock Alternatif semakin terkenal dan Grunge menjadi musik Rock paling populer saat itu.

Beberapa faktor yang akhirnya membuat ketenaran grunge menurun, diantaranya:

  • Banyaknya band Grunge yang bubar dan atau jadi kurang terkenal lagi.
  • Kurt Cobain (Nirvana) yang merasa tidak nyaman dengan ketenarannya dan berjuang dengan kecanduan heroin sebelum kematiannya pada usia 27 di tahun 1994. Hal ini membuat majalah time memberikannya label sebagai “John Lennon dari Swinging Northwest”.

Meskipun kebanyakan band Grunge bubar atau memudar pada akhir 90-an, musik mereka banyak mempengaruhi musik Rock Modern karena liriknya yang membawa isu-isu kesadaran sosial kedalam musik Pop. Selain itu, adanya penambahan intropeksi dan ekplorasi tentang apa artinya menjadi diri sendiri. Grunge juga sangat mempengaruhi pada genre selanjutnya seperti Post-Grunge (seperti Creed dan Nickelback) dan Nu Metal (seperti Korn, Limp Bizkit dan Slipknot).

Minikutu Writer

NEXT EVENT

00
Days
:
00
Hours
:
00
Minutes
:
00
Seconds

Got a Questions?

Find me on Social Media or Contact me and I will get back to you as soon as possible.

Another Post

Artwork - Legend

16 October 23

laksana-amethyst

26 April 18

The Rain pic1

06 May 20

Related Post

ministory
03 / 02 / 16
Stereo Wall : Melanjutkan Kembali Proyek Yang Sempat Tertunda
Minikutumedia.com – Stereo Wall, band asal Jakarta yang beraliran Alternative Rock ini memiliki arti kata “SuaraDinding” yang berfilosofi bahwa musik mereka seperti suara yang besar dari kedua sisi dindingnya. Band yang terbentuk pertengahan 2012 ini berawal dari project Mamet, Rama dan rekan drummernya. Dikarenakan terjadi insiden kecelakaan yang menyebabkan meninggalnya sang...
ministory
03 / 02 / 16
Last Goal Party : Pencampuran Electro dan Easycore
Minikutumedia.com – Last Goal Party adalah band asal Jakarta yang beraliran Electrocore. Band yang digawangi oleh Ijal gitar vocal, defan bass , Mustika (Vocal), Ijal (Guitar & Vocal), Ihsan (Guitar) dan Hendra (Drum) ini memiliki arti kata “pesta gol terakhir” yang bermakna bahwa dalam bermusik mereka mempunyai tujuan untuk bersenang...
tumblr_lrff0vUWmR1qciafbo1_500
ministory
06 / 08 / 20
Musisi ini akui pernah pelajari Ilmu Hitam
black and white piano keys
ministory
26 / 07 / 20
Kalian harus tahu, ini dia beberapa alat musik unik yang jarang didengar
IMG_3525
ministory
27 / 03 / 17
Pendatang Baru Bergairah, Geeks On Gig
ministory
26 / 12 / 15
perjalanan burgerkill dalam dunia industri musik
minikutumedia.com – Burgerkill berdiri pada bulan Mei 1995 berawal dari Eben, scenester dari Jakarta yang pindah ke Bandung untuk melanjutkan sekolahnya. Dari sekolah itulah Eben bertemu dengan Ivan, Kimung, dan Dadan sebagai line-up pertamanya. Mereka berhasil merilis single pertamanya lewat underground phenomenon Richard Christian Franklin Muttler yang merilis kompilasi cd band-band Bandung pada awal...
shoegaze-header-cropped
ministory
17 / 03 / 22
Kenalan Yuk Sama Genre Shoegaze
suara-terdengar-lebih-merdu-saat-bernyanyi-di-kamar-mandi-ternyata-ini-lho-penyebabnya
ministory
19 / 05 / 21
Nyanyi di kamar mandi bisa bikin suara lebih bagus? Ini alasannya

About Me

Minikutu is the music news network on the planet that has been around since 2015

Another Post

wagewar_68873931_129334375046255_2008560570002667863_n

02 June 20

dr.iyeb 3

28 January 22

beragam-manfaat-olahraga

29 July 21

My Instagram

Create With ♥ By Jedi Iriyanto | Copyright ©2022 Minikutumedia.com

This website uses cookies to ensure you get the best new experience on my website. Learn more