Cara Membuat Video Klip Murah Alias Low Budget

Minikutumedia.com – Ada banyak cara untuk mempromosikan lagu atau karya yang kamu miliki salah satunya melalui media video. Alternatif promosi ini pun sampe detik ini masih bisa terbilang cukup berguna, terlebih dimasa serba digital ini yang dimana media visual jauh lebih diminati ketimbang media suara. Bukan sebuah rahasia lagi jika pembuatan video klip membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Ada banyak faktor yang membuat kenapa biaya pembuatan video klip menjadi mahal salah satunya yaitu kru, alat yang digunakan, biaya sutradara/production house, artis/talent, sewa tempat dan lainnya. Kita tidak perlu munafik karena hal itu sudah jelas memiliki kasta yang dimana kalau semakin bagus orang dibalik layar, semakin mahal pula biayanya. Namun jika kamu belum sampai ditahap “sesiap” itu untuk satu buah video klip, kamu bisa memulainya dengan yang murah dulu.

Kamu bisa memangkas biaya jutaan yang harus kamu keluarkan untuk video klip jika kamu mau melakukan semuanya sendiri. Akan jauh lebih mudah untuk kamu jika memiliki teman yang hobi videografi dan memilki kamera. Menurut kutu membuat video klip sendiri pun bukan hal yang salah atau rendahan kok, banyak musisi diluar sana yang sudah memilki nama namun masih melakukan pembuatan video klip sendiri seperti contohnya lagu Pretty Girl dari Rayi Putra.

“Ok, mari kita lanjut ke tahap penjelasan cara membuat video klip murah!”

Alat yang dibutuhkan: handphone, aplikasi edit video, ide, waktu & tenaga.

Tahapan

Ada beberapa tahapan yang harus kamu lakukan untuk membuat video klip, ikutin step by step ya …

Langkah pertama

Cari ide untuk membuat video klip seperti apa yang akan kamu buat nantinya. Lebih bagus lagi kamu gambarkan sebuah sketsa di tiap adegan yang akan ada dalam video klip tersebut. Gunanya untuk sebagai guide nanti sewaktu melakukan proses merekam video.

“coba kamu tanya om google tentang apa itu storyboard dan bagaimana cara membuatnya”

atau nih Kutu kasih contoh storyboard itu kayak gimana

Free Vector | Storyboard about love concept

Langkah kedua

7 Essential Pieces of Video Gear For Beginner Filmmakers – FilmDaft

Setelah tahu harus membuat apa, lakukan proses merekam video yang kamu butuhkan. Bisa gunakan handphone (HP) atau kamera DSLR jika kamu punya.

Langkah ketiga

Blog - The Video Experts

Edit hasil rekaman video tersebut menggunakan aplikasi editing video. Ada banyak aplikasi editing video yang bisa kamu pakai, entah aplikasi editing di PC/laptop atau aplikasi mobile. Semuanya sama saja bahkan jika kamu tidak mengerti pun ada banyak tutorial di youtube yang akan mengajarkanmu secara cepat.

*Note: Kalo kamu tidak paham cara mengedit video, Kutu saranin gunakan jasa teman atau freelancer editor video yang ada agar hasilnya maksimal. Harga jasanya pun variatif dan sangat bisa disesuaikan dengan budget yang kamu miliki. Jika bingung mencari freelancer, ada banyak website untuk wadah freelancer seperti freelancer.co.id, Projects.co.id, sribulancer.com/id dan lainnya.

Selamat Berkarya Sahabat Kutu ~

A little person with a big dream.

Leave a Reply