Ini Dia Guitar Flying V yang Legendaris

minikutumedia.com – Jenis gitar yang paling ikonik di antara jajaran para top gitaris metal dan rock, Flying V. Gitar ini berbentuk huruf dengan dua ujung lancip. Bentuknya yang mirip-mirip tanduk jadi makin ngasih kesan cadas.

Flashback sedikit soal Gitar Flying V yang dikenalin pertama kali sama perusahaan gitar merk Gibson di tahun 1958. 

Apakah terinspirasi dari V BTS? hehe bukan bukan ~

Bts Gif - Gif #6 V - Wattpad

Gitar ini terinspirasi dari mobil Cadillac dan Chrysless yang punya sirip di bagian belakang mobilnya yang diluncurkan tahun 50an. 

Dikutip dari gibson.com Gitar Flying V ini awalnya terbuat dari kayu mahogani dan punya sisi V yang lebih bulat, gitarnya pun punya berat yang berlebih. Akhirnya bahan kayu untuk Flying V ini diganti dengan kayu Korina dan bagian bawahnya dipotong jadi bentuk huruf V yang lebih lancip. Salah satu desainernya bilang “gitarnya keliatan kaya huruf V terbang ya (Flying V)” dan itulah awal mula gitar ini diberi nama.

The Flying V Iconic Guitar History | Disc Makers Blog

Tahun 1958 Flying V dijual dengan harga $247.50 tapi sayangnya gitar ini cuma kejual 81 buah dan di tahun berikutnya cuma 17 buah. Hal itu karena dunia belum siap dengan bentuk gitar yang bentuknya agak sedikit aneh ini.

Tahun 1959 Gibson sempat menghentikan produksi Flying V, mulai produksi lagi tahun 1962 dan berhenti lagi di tahun 1963. Tapi 4 tahun setelahnya para gitaris mulai bisa menerima konsep gitar yang futuristik ini dan Gibson memutuskan untuk produksi lagi Flying V.

Nggak cuma gitar berbentuk V, Gibson selanjutnya bikin versi Bass nya di tahun 1981 dan di 2007 rilis Gitar Reverse Flying V.

Gibson Reverse Flying V (2007) | Flying v, Gibson flying v, Gibson

Flying V ini menjadi idola para gitaris terkenal yaitu Lonnie Mack & Albert King, Jimi Hendrix, Johnny Winter, Billy Gibbons, Michael Scenker dan Lenny Kravitz.

A little person with a big dream.

Leave a Reply