The Tielman Brothers band Rock asal Indonesia yang Legendaris

minikutumedia.com – The Tielman Brothers, mungkin nama ini akan terdengar asing untuk para kaum milenials apalagi Gen Z, oleh karena itu disini Kutu akan mencoba kembali menceritakan tentang siapa itu The Tielman Brothers. Jadi The Tielman Brothers ini disebut-sebut sebagai band tertua dari Indonesia namun meskipun berasal dari Indonesia, The Tielman Brothers ini lebih terkenal di Eropa terutama di negri Kincir Angin, Belanda pada medio tahun 1950-an.

foto: The Tielman Brothers

Sedikit cerita ya tentang terbentuknya The Tielman Brothers. Jadi, The Tielman Brothers ini terbentuk dari keluarga seniman yang berasal dari Timor. Bakat bermusik The Tielman Brothers ini didapat dari ayah mereka yaitu Herman Tielman yang merupakan seorang kapten tantara KNIL Belanda. Pada tahun 1945, 4 kakak beradik laki-laki dan seorang adik perempuan sering memainkan lagu dan kesenian tari daerah. Mereka terdiri dari Andy Tielman, Ponthon Tielman, Loulou Tielman, Regy Tielman, Jane Tielman dan Fauzi Tielman.

foto: keluarga The Tielman Brothers

Penampilan perdana The Tielman Brothers ini dilakukan di sebuah acara pesta dan dari situlah nama mereka semakin dikenal. Hasilnya, mereka pun mendapatkan berbagai tawaran untuk mengisi acara di sekitaran Surabaya dan seluruh pelosok negeri sebelum akhirnya mereka memutuskan untuk pindah ke Belanda di tahun 1957.

Negeri kincir angin ini menjadi saksi sekelompok band asal Indonesia ini mulai mendunia. Saat di Belanda, nama The Tielman Brothers mulai terdengar di mana-mana karena keunikan aksi panggungnya yang tidak biasa, mulai dari berguling, melompat hingga beratraksi dengan alat musik masing-masing.

The Tielman Brothers pun sempat tampil di depan Presiden Soekarno dan membawakan lagu-lagu yang saat itu sedang hits. Hmmm… kalo kutu bisa tampil depan presiden kayaknya bakal demam panggung yang ada hihi eh, ko jadi curcol ya? Oke skip mari kita lanjut ceritanya!

Hihi GIFs | Tenor

Sempat bongkar pasang personil, namun tidak menyurutkan karir dan juga kualitas mereka dalam bermusik. Beberapa lagu pun sudah mereka ciptakan sendiri diantaranya My Maria, Rock Little Baby dan You’re still the one.

Mencoba melihat kebelakang, salah satu personil The Tielman Brothers yaitu Andy Tielman pernah menyempatkan berkunjung dan tampil di ajang Jakarta Rock Parade di tahun 2008.  Andy Tielman pun sempat menerima penghargaan Order of Orange Nassau oleh Ratu Beatrix karena kontribusinya pada perkembangan musik di Belanda yaitu Berjasa membawa aliran baru yang disebut Indorock oleh orang-orang belanda.

The Tielman Brothers, Band Rock Indonesia di Zaman Belanda yang Saingi The Beatless - Boombastis

Andy Tielman merupakan Frontline sekaligus personil terakhir dari grup musik fenomenal ini. The Tielman Brothers tinggal kenangan, kedua generasi terakhir dari grup ini telah tiada.  Meskipun begitu, kalian masih bisa mendengar karya-karya mereka sampai kapanpun.

A little person with a big dream. *Also work on Trans TV as a Creative

Leave a Reply