Macam-Macam Format Audio Lagu hi-res
ministory

Macam-Macam Format Audio Lagu hi-res

minikutumedia.com – Masih inget ngga sih waktu dulu kalo di warnet suka download mp3 buat dimasukin ke hp atau mp3 player? Biar bisa gaya gitu dengerin musik sambil pake headset hehe

kira-kira apa aja format audio yang kamu tau? Pasti kalo denger kata-kata audio/lagu pasti langsung “oh Mp3” karena teermasuk yang paling populer sih.  Padahal format audio itu ada banyak loh dan setiap format berpengaruh pada kualitas suaranya.

Langsung aja deh Kutu kasih tau macam-macam format audio ya.

MPEG Layer 3 (MP3)

Mp3 salah satu format file audio yang paling populer. Mp3 adalah format kompresi audio yang dikembangkan oleh Motion Pictures Experts Group (MPEG). Menggunakan layer 3 kompresi yang secara umum dipake buat nyimpen file music dan audiobook di hard drive. Format Mp3 kualitas suaranya mendekati kualitas CD stereo 16-bit. Sempet menjadi primadona saat masa-masa mp3 player di tahun 2000an karena banyak file lagu Mp3 bertebaran di internet. Makin populer karena kualitasnya lumayan bagus meskipun sizenya kecil. Tau sendiri kan dulu belum ada kapasitas sampe bergiga-giga atau bertera-tera.

WAV (WAVE-form)

WAV atau singkatan dari Waveform ini merupakan standar format audio yang dikembang sama Microsoft dan IBM. WAV jadi format utama untuk penyimpanan audio di windows dan umumnya digunakan untuk menyimpan audio tanpa kompresi. 

Kualitas suaranya sama dengan CD dan file ini berukuran lebih besar dibandingkan Mp3. Untuk keperluan koleksi musik, transfer via internet dan player portable memang format ini kurang populer karena ukuran filenya sangat besar.

AIFF (Audio Interchange File Format)

AIFF vs Apple Lossless: Which is Right for You?

Hampir mirip kayak WAV yang dikembangin sama Microsoft dan IBM, AIFF adalah format audio yang dikembangkan Apple untuk Mac di tahun 1988. 

Per satu menitnya file AIFF bisa mencapai size 10MB atau sama dengan file Mp3 yang durasinya 3 menit. Tapi sebanding sama kualitas suara yang dihasilkan format audio AIFF. Kekurangannya adalah format audio ini cuma bisa diplay di MacOS aja.

FLAC (Free Lossless Audio Codec)

Salah satu file format musik Hi-Res yang sering banget di download sama Audiophile. Dikembangkan sama Xiph.Org Foundation ditahun 2001 dan merupakan tipe file audio yang sudah dicompressed tapi tanpa mengurangi kualitas audionya. Maka dari itu format audio ini disebut Lossless.

Bit Depth format audio FLAC mulai dari 44,1 kHz/16 bit sampai 192 Khz/24 bit. Pastinya dengan bit depth sebesar itu, kamu bisa mendengar detail-detail terkecil di dalam lagu tersebut.

ALAC (Apple Lossless Audio Codec)

Alac, apple, audio, itunes, lossless, music, sound icon - Download on  Iconfinder

xApple juga menciptakan format musik lossless di tahun 2004 dan punya karakter hampir mirip dengan FLAC dan ALAC cuma ukurannya setengah dari WAV.

Sayangnya format audio ini butuh aplikasi ketiga untuk dipakai di perangkat selain apple dan tidak semua perangkat kompatibel dengan ALAC. Yaaa bisa dibilang biar tetap setia pakai produk Apple ya.

itu dia beberapa format audio selain Mp3 yang kualitasnya bisa dibilang lebih baik dibandingkan dengan Mp3. Untuk merasakan perbedaan kualitasnya secara langsung, kamu bisa cobain sendiri aja ya ~

 

 

Minikutu Writer

NEXT EVENT

00
Days
:
00
Hours
:
00
Minutes
:
00
Seconds

Got a Questions?

Find me on Social Media or Contact me and I will get back to you as soon as possible.

Another Post

Artwork - Tak Jadi Jaminan

02 November 22

Deja Vu

30 December 23

RB LOVE

21 July 20

Related Post

suicidal+crop+opt
ministory
13 / 08 / 20
Musisi dunia yang meninggal karena bunuh diri
Processed with VSCO with dog2 preset
ministory
05 / 08 / 20
Beberapa Venue Gigs legendaris yang masih ada sampai sekarang
825638623
ministory
27 / 10 / 22
Bloodywood: Berawal dari Band Parodi, Kini Jadi Wajah Musik Metal India
1
ministory
07 / 02 / 22
Deretan Alat Musik Tradisional Indonesia
image-placeholder-title
ministory
15 / 02 / 22
Film Dokumenter Musik yang Wajib Kamu Tonton
maxresdefault
ministory
10 / 02 / 22
Rekomendasi Film dan Series Anime Bertema Musik
kurt cobain
ministory
28 / 12 / 21
Naik Turun Musik Grunge
minikutu-dengerin-musik-metal0ada-manfaatnya
ministory
05 / 08 / 21
Ternyata dengerin musik metal ada manfaatnya loh

About Me

Minikutu is the music news network on the planet that has been around since 2015

Another Post

varnamaya

01 February 19

New-Hope-Club2

07 August 21

Adrian Khalif - Menawan Artwork

03 November 22

My Instagram

Create With ♥ By Jedi Iriyanto | Copyright ©2022 Minikutumedia.com

This website uses cookies to ensure you get the best new experience on my website. Learn more