Gimana Sih Cara Membangun Sebuah Band? Ini Dia Langkah-Langkahnya (Part 1)

Nov 12, 2021

minikutumedia.com – Pasti kamu lagi kepo soal gimana-sih-caranya-membuat-band-itu?. sebenernya kalo sekedar membentuk band doang itu gampang gak perlu sampe search tutorial sana-sini, cukup ajak temen kamu untuk gabung dan selesai. selesai? udah? gitu doang? ya memang gitu doang! tapi… nih ada tapinya, yang susah itu mengembangkan si band tersebut jadi di artikel kali ini kutu akan coba kasih tips n trick buat kamu membentuk sebuah band sampe sukses (Aamiin).

ide tulisan ini terlahir dari kegelisahan kutu perihal banyaknya band atau orang yang mau membentuk sebuah band tapi minimnya pengetahuan tentang bagaimana mengembangkan band tersebut.

Tahap awal membentuk sebuah Band secara singkatnya kayak gini:

1. tentuin mau bikin band dengan genre seperti apa atau mau jadi band kaya band apa yang udah ada?

2. rekrut personil yang dibutuhin

3. kasih nama yang catchy tapi yang mudah dilafalkan dan diingat jangan yang susah-susah. pastiin di internet kalo nama tersebut belum ada yang pake

4. bikin logo bandnya, bikin semenarik mungkin dan memiliki ciri khas. kalo gak bisa coba cari teman yang jago desain grafis untuk bantu bikinin (jangan lupa bayar jangan cuman modal say thankyou doang! emang kamu mau nantinya setelah band kamu terkenal setiap manggung cuman dibayar sama makasih doang? enggak kan?)

Setelah yang tadi Kutu jelasin udah selesai dijalanin, tahap selanjutnya adalah

Bikin Karya

bisa dimulai dengan bikin single dulu buat permulaan tapi kalo kutu boleh kasih saran mending langsung album aja atau mini album biar kalo band kamu terkenal bakal ada banyak pilihan lagu untuk pendengar terlebih kalo ketika nanti kamu manggung gakan kebingungan untuk bawain lagu apa.

Publish Karyanya

Setelah band kamu punya lagu, coba publish lagu tersebut diberbagai platform musik streamer kaya spotify, joox, deezer, soundcloud, itunes, dan lainnya. fyi kalo platform musik streamer ada yang berbayar dan ada juga yang gratis, tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing tapi kutu saranin kejar di platform yang paling banyak orang pake biar karya band kamu lebih gampang ditemuin.

Nggak cuman di musik streamer doang tapi publish juga di platform video streamer kaya youtube. kalo band kamu belum bisa bikin video clipnya, coba setidaknya bikin video liriknya biar banyak juga yang tau lirik dari lagu band kamu selain itu untuk pilihan media platform lain selain sekedar mendengarkan musiknya doang (yaaa kaya ngasih pilihan gitu sama pendengar mau cuman dengerin atau sambil liat liriknya buat ikutan nyanyi)

Band udah punya, karya orisinil juga udah punya, nah sekarang waktunya ke bagian promosi nih

lanjut di part 2 ya ~

Gimana Sih Cara Membangun Sebuah Band? Ini Dia Langkah-Langkahnya (Part 2)

Summary

admin website ini

Leave a Reply