Gimana Sih Cara Membangun Sebuah Band? Ini Dia Langkah-Langkahnya (Part 1)

Gimana Sih Cara Membangun Sebuah Band? Ini Dia Langkah-Langkahnya (Part 1)

music_band_painting_colorful_cartoon_characters_sketch_6843983

minikutumedia.com – Pasti kamu lagi kepo soal gimana-sih-caranya-membuat-band-itu?. sebenernya kalo sekedar membentuk band doang itu gampang gak perlu sampe search tutorial sana-sini, cukup ajak temen kamu untuk gabung dan selesai. selesai? udah? gitu doang? ya memang gitu doang!

Eits…  tapi bikin bandnya bisa berkembang dan kepakan sayapnya makin lebar perlu strategi. Buat Sahabat Kutu yang lagi butuh pencerahan gimana caranya bikin band, pas banget kali ini Kutu akan coba kasih tips n trick buat membentuk sebuah band dari nol sampe sukses (Aamiin bareng-bareng ya).

ide tulisan ini terlahir dari kegelisahan kutu perihal banyaknya band atau orang yang mau membentuk sebuah band tapi minimnya pengetahuan tentang bagaimana mengembangkan band tersebut.

Tahap awal membentuk sebuah Band secara singkatnya sih kayak gini:

1. Tentuin mau bikin band dengan genre seperti apa atau  kalo Sahabat Kutu punya Role Model band yang udah terkenal, bisa juga mengikuti referensi tersebut  semisal mau genre Heavy Metal macam Metallica atau band Pop Melayu macam Kangen Band maybe? atau mau bikin genre sendiri pun boleh, tapi yang pasti step pertama ini jangan sampe terlewat ya.

2. Rekrut personil yang dibutuhin

3. Bikin nama band yang catchy tapi mudah buat dilafalkan dan diingat, jangan yang susah-susah banget. Pastiin juga kalo “calon” nama band belum ada yang pake. Sahabat Kutu bisa tanya sama Om Google soal ini.

4. Bikin logo band yang semenarik mungkin dan punya ciri khas. Kalo nggak bisa bikin sendiri, coba cari temen terdekat yang jago desain grafis untuk bantu bikinin logonya.

Setelah beberapa point yang tadi Kutu jelasin udah selesai dijalanin, kita masuk ke tahap selanjutnya ya.

Bikin Karya

Bisa dimulai dengan bikin single dulu buat permulaan, tapi kalo Kutu boleh kasih saran sih mending langsung album aja atau mini album juga boleh. Tujuannya apa? biar saat bandnya terkenal, Sahabat Kutu bakal punya banyak pilihan lagu untuk pendengar terlebih saat nanti manggung gabakalan kebingungan mau bawain lagu apa.

Publish Karyanya

Setelah band kamu punya lagu, coba publish lagu karya Sahabat Kutu ke berbagai platform musik streamer kayak Spotify, Joox, Deezer, Soundcloud, iTunes, dan platform lainnya. Fyi, platform musik streamer itu ada yang berbayar dan ada juga yang gratis, yang pasti keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kutu cuma mau saranin untuk kejar di platform yang paling banyak orang pake, biar lagunya lebih gampang ditemuin.

Nggak cuman di musik streamer doang, tapi publish juga di platform video streamer kayak Youtube. Kalo band Sahabat Kutu belum bisa bikin video clipnya, coba setidaknya upload Official Audio lagunya.

what’s next?

lanjut di part 2 ya ~ 👇 👇 👇

Gimana Sih Cara Membangun Sebuah Band? Ini Dia Langkah-Langkahnya (Part 1)

NEXT EVENT

About Author

Rezky Nurdianti Putri

Rezky Nurdianti Putri

A little person with a big dream.

Leave a Reply

Minikutu adalah media platform bagi event creator dan musisi. dari manusia untuk manusia

KUTU ON FACEBOOK

RECENT TWEETS

MY INSTAGRAM

Create With ♥ By Jedi Iriyanto & Rezky Nurdianti Putri. Copyright ©2022 Minikutumedia.com

Written by

Leave a Reply

Next Event

Related Post:

Create With ♥ By Jedi Iriyanto & Rezky Nurdianti Putri. Copyright ©2022 Minikutumedia.com