Gimana Sih Cara Membangun Sebuah Band? Ini Dia Langkah-Langkahnya (Part 2)

Nov 12, 2021

minikutumedia.com – Di artikel sebelumnya udah dijelasin nih gimana langkah awal untuk membentuk sebuah band. Setelah membentuk band dan bikin karya, ini dia beberapa step penting selanjutnya yang harus Sahabat Kutu lakuin.

promo

bagian ini yang paling penting tapi jarang diketahui sama orang-orang yang baru pertama kali bikin band. fyi aja nih ya kalo sekelas band sekelas noah atau coldplay aja sampe detik ini masih suka melakukan promosi setiap mereka baru aja rilis karya jadi gada alesan buat kamu untuk enggak melakukannya juga.

ada banyak jenis atau cara untuk promoin karya band kamu diantaranya

1. update di semua sosial media personil (termasuk akun band kamu kalo ada)

2. minta tolong ke setiap temen,pasangan, dan keluarga dari setiap personil untuk ikutan update karya band kamu. tapi inget jangan maksa kalo ada yang gak mau dan kamu siapin bahan materi updatenya biar apa yang mereka post sesuai dengan apa yang kamu harapin. (jangan lupa repost kalo mereka tag akun band/personil sebgai ucapan terimakasih tau diri dong marpuah!)

3. point ini point paling penting yaitu bikin press releasenya terus kirim ke semua email media yang kamu tahu, kalo gak tahu ya cari tahu. gak tau apa itu press release? googling bosque, ada banyak penjelasannya kok di internet atau cari di web minikutu juga ada loh. gak tahu alamat email medianya? kunjungi setiap web media yang kamu tahu terus cari bagian kontak dan kirim ke email disitu, ke email kutu juga boleh nanti kutu bantu publish di web kutu, ciyus!

Kalo buat media online yang cuman ada di media sosial doang, coba kamu DM aja akunnya buat nanyain “kalo mau ngirim press release ke mana ya?” tunggu aja, cepat atau lambat pasti dibales kok!

4. gunain fitur ads pada sosial media, entah itu instagram ads, facebook ads, youtube ads dan lainnya. tentunya cara ini dilakuin dengan penyesuaian budget yang band kamu punya.

next step …

kalo semua itu udah terus gimana? ya udah tinggal rebahan dikasur terus nunggu keajaiban datang. Ya enggak lah panjul! setelah semua beres kamu coba cari panggung sana-sini buat bawain langsung semua karya kamu didepan banyak orang. inget kamu band baru jangan ngarep langsung dapet panggung yang besar dan banyak penonton, step by step, slow but sure, nggak apa-apa panggung pertama penontonnya dikit, nggak apa-apa panggung pertama penampilan jelek. Semua yang sukses juga memulai dengan hal jelek dan sedikit apresiasi kok. Nggak pernah denger kan band baru bikin kemarin besoknya langsung terkenal? Pelukis ternama langsung ngasilin lukisan bagus di lukisan pertamanya, pernah denger? kalopun pernah denger, paling band baru bikin langsung terkenal tapi dengan catetan dengan personil yang udah terkenal juga, orang terdekatnya terkenal atau something like that lah pokoknya. jadi jangan minder atau takut, hajar terus jalanan!

Bikin Tour

bikin tour biar nama band kamu makin meluas lagi tapi dengan catetan penampilan band kamu udah cukup solid gak semeraut kaya awal manggung biar gak malu-maluin mamah papah dirumah hehe

cara membuat sebuah tour gimana? nanti bakalan kutu bikin artikel terpisah biar gak begitu panjang isi artikel ini ya

Buat channel youtube

Nggak sekedar buat upload video klip atau video lirik doang tapi youtube bisa kamu pake untuk banyak hal seperti bikin video live performance dari setiap karya yang band kamu punya, upload video live manggung, sampe konten-konten menarik lainnya kaya video playtrhough, cover, vlog dll

Manfaatkan Sosial Media

sama halnya seperti youtube, bikin konten konten menarik di sosial media untuk “cara lain” menarik perhatian pendengar karya band kamu

Conclusion alias Kesimpulan

Kalo sekedar bikin band doang itu gampang tapi kalo mau bikin band yang serius itu susah. gak cuman sekedar bisa main alat musik doang tapi perlu tekat yang kuat untuk sukses, sabar melalui semua prosesnya dan modal yang gak sedikit. karena prosesnya yang begitu panjang dan susah, jangan pernah lupain semua orang yang berjasa untuk bantu band kamu sampe sukses termasuk doa orang tua tiap personil. hargai setiap semua orang yang bantu dari yang sekedar bantu bikinin logo band sampe bantu dokumentasiin setiap band kamu butuhin. sebagai sesama pembuat karya ada baiknya saling menghargai gak cuman modal say thx and enough/done.

kalo semua udah dilakuin terus next stepnya apa? ya repeat dari membuat karya sampe manggung sana sini karena memang itu siklusnya

another tips/secret tips, kalo nama band kamu udah agak bergengsi atau setidaknya kamu kenal sama personil band atau penyanyi yang cukup terkenal bisa coba kamu ajak kolaborasi untuk karya terbaru dari band kamu atau sekedar cover lagu untuk sosmed/youtube. hal ini bertujuan untuk gaet pendengar dia untuk coba dengerin karya band kamu juga atau setidaknya minimal nama band kamu jadi diketahui sama pendengar dia.

referensi:

Gimana Sih Cara Membangun Sebuah Band? Ini Dia Langkah-Langkahnya (Part 1)

admin website ini

Leave a Reply