Gimana Sih Cara Membangun Sebuah Band? Ini Dia Langkah-Langkahnya (Part 2)

Gimana Sih Cara Membangun Sebuah Band? Ini Dia Langkah-Langkahnya (Part 2)

pop-music-band-vector-illustration_1284-14548

minikutumedia.com – Di artikel sebelumnya udah dijelasin nih gimana langkah awal untuk membentuk sebuah band. Setelah membentuk band dan bikin karya, ini dia beberapa step penting selanjutnya yang harus Sahabat Kutu lakuin.

promo

Bagian ini yang paling penting nih tapi jarang diketahui sama orang-orang yang baru pertama kali bikin band. Fyi (lagi) ya, para musisi yang namanya udah besar sekelas Noah atau Coldplay aja saat mereka mau rilis lagu pasti promosinya kenceng banget, makannya nggak ada alesan buat kamu nggak ngelakuin yang namanya promosi.

Ada banyak jenis atau cara untuk promoin karya band kamu diantaranya

1. update di semua sosial media band termasuk personilnya

2. Coba minta tolong sambil rayu-rayu mandja ke temen-temen, pasangan dan keluarga dari setiap personil untuk ikutan posting karya band Sahabat Kutu. Jangan lupa siapin bahan materi postingannya biar apa yang mereka post sesuai dengan apa yang kamu harapkan.

3. Point ini point paling penting yaitu bikin press release. Setelah itu kirim ke semua email media yang Sahabat Kutu tahu. Nggak tahu alamat email medianya? Sahabat Kutu bisa cek setiap website media terus cari deh bagian kontak dan kirim ke email disitu, Sekalian kirim ke email Kutu juga boleh banget loh! 

Kalo buat media online yang cuma ada di media sosial doang gimana ya?

Coba DM  akunnya buat nanyain “kalo mau ngirim press release ke mana ya?” tunggu aja, cepat atau lambat pasti dibales kok!

“Tapi, aku gatau cara bikin press releasenya gimana :(”

don’t worryyyy… Sahabat Kutu tinggal baca artikel cara membuat press release yang udah Kutu buat sebelumnya.

bisa klik link di bawah ini ya 👇 👇 👇

Ini Dia Beberapa ‘Syarat’ Agar Press Release Kamu di Publish oleh Media

 

4. Gunain fitur ads pada sosial media, entah itu instagram ads, facebook ads, youtube ads tapi tentunya cara ini dilakuin dengan penyesuaian budget ya, karena pasang ads lumayan butuh modal.

next step …

Kalo semua itu udah terus gimana? ya udah tinggal rebahan dikasur terus nunggu keajaiban datang. Ya tentu tydack…

Setelah step tadi selesai dijalanin, Sahabat Kutu coba cari panggung sana-sini buat bawain langsung semua karya yang udah dibuat didepan banyak orang. Inget jangan insecure kalo nggak banyak yang nonton, wajar karena band baru pasti pendengarnya juga butuh pengenalan dulu.

Step by step, slow but sure, i’ts ok panggung pertama penontonnya dikit, i’ts ok panggung pertama penampilan kurang memuaskan. Semua yang sukses juga memulai dengan hal jelek dan sedikit apresiasi kok.

Bikin Tour

Coba deh bikin tour biar nama band-nya makin meluas lagi, tapi dengan catetan penampilan band kamu udah cukup solid gak semrawut kaya awal manggung biar gak malu-maluin mamah papah dirumah hehe

cara membuat sebuah tour gimana? next Kutu bakalan kasih tau di artikel terpisah ya~

Buat channel youtube

Nggak sekedar buat upload video klip atau video lirik doang, tapi Youtube bisa Sahabat Kutu pake untuk banyak hal. Contohnya upload video live manggung, video lirik sampe konten-konten menarik lainnya kaya video playtrough, cover, vlog dan masih banyak lagi.

Manfaatkan Sosial Media

Sama halnya kayak youtube, bikin konten-konten menarik di sosial media untuk “cara lain” menarik perhatian pendengar karya milik band Sahabat Kutu.

“Kalo semua udah dilakuin terus next stepnya apa?”

repeat, repeat, repeat dari step membuat karya sampe manggung sana sini. Siklus itu akan terus sama, selama Sahabat Kutu masih ingin terus berkarya.

Secret tips, kalo kamu punya teman yang juga “anak band” atau bisa alat musik, coba kamu ajak kolaborasi untuk sekedar cover lagu di youtube dan atau sosial media. Tujuannya untuk terus menggaet pendengar baru dari sisi teman yang kamu ajak tersebut karena followers dia belum tentu kenal atau tahu band kamu. Hal ini pun yang sering dilakuin sama musisi/band ternama dunia terlebih dimasa saat ini yang dimana dunia bergerak berdasarkan apa yang ada di sosial media.

So, Goodluck buat Sahabat Kutu yang mau memulai bikin band ya ~

Kalo belum baca part 1 nya, cek artikelnya di bawah ini ya ~ 👇 👇 👇

Gimana Sih Cara Membangun Sebuah Band? Ini Dia Langkah-Langkahnya (Part 1)

NEXT EVENT

About Author

Rezky Nurdianti Putri

Rezky Nurdianti Putri

A little person with a big dream.

Leave a Reply

Minikutu adalah media platform bagi event creator dan musisi. dari manusia untuk manusia

KUTU ON FACEBOOK

RECENT TWEETS

MY INSTAGRAM

Create With ♥ By Jedi Iriyanto & Rezky Nurdianti Putri. Copyright ©2022 Minikutumedia.com

Written by

Leave a Reply

Next Event

Related Post:

Create With ♥ By Jedi Iriyanto & Rezky Nurdianti Putri. Copyright ©2022 Minikutumedia.com